nge-teh di sore hari @linow lake

nge-teh di sore hari @linow lake

Selasa, 24 Juli 2012

Bulan Istimewa Umat Muslim: Ramadhan (1)

Bulan Ramadhan telah tiba, bagi umat muslim ini menjadi bulan yang spesial dan selalu dinanti-nanti. Bagaimana tidak, karena di bulan inilah banyak hal yang terjadi yang tidak didapat di bulan-bulan lainnya.

Semakin kusadari, betapa harus selalu bersyukur karena diberi karunia dalam pelukan agama Islam. Meskipun sejak kecil sudah beragama Islam, tetap awalnya karena saya dilahirkan dari orang tua dan keluarga Islam. Namun, seiring berjalannya waktu, tak ingin kuhanya sekedar mengikuti status beragama Islam karena latar belakang keluarga. Dan, alhamdulillah di masa-masa pencarian untuk mengenal Islam, sungguh sudah sepatutnya kubersyukur diberi karunia Islam dalam hidupku, Islam hidayah dalam hidupku dan semoga tetap ada hingga akhir hidupku. Amin Ya Rabbal Alamin.

Sungguh besar kasih sayang yang Allah berikan bagi makhluk ciptaanNya, terutama untuk umat Islam. Selain bulan Rajab yang menjadi bulannya Allah dan bulan Sya'ban yang menjadi bulannya Nabi Muhammad SAW, Allah SWT memberikan satu bulan khusus pula untuk ummat Nabi Muhammad SAW yakni ummat muslim melalui bulan suci Ramadhan. Terima kasih Ya Allah, Engkau menganugerahi bulan yang penuh berkah ini setiap tahunnya. Bulan yang di dalamnya penuh dengan kebaikan dan pahala. Bulan khusus yang Engkau anugerahkan untuk ummat Islam untuk menghapuskan dosa dan meningkatkan pahala dari Mu.

Selain, karena bulan suci Ramadhan ini bulan yang dianugerahkan Allah SWT untuk ummat muslim, ternyata banyak hal yang bisa dijumpai di bulan ini yang tidak ditemukan di bulan-bulan yang lain dan pasti akan selalu dirindukan.
Dimulai dari shalat isya, tarawih plus witir yang bisa dilakukan berjamaah di mesjid ataupun dilakukan di rumah, mendengarkan ceramah, saat-saat sahur, memulai puasa sejak imsak tiba hingga akhirnya berbuka puasa. Mengisi hari-hari di bulan ramadhan dengan hal-hal yang diperintahkan Allah, memperbanyak dzikir, berdo'a, mengaji dan berbuat kebaikan-kebaikan lainnya. Wah, sungguh indahnya bulan ini. Betapa sangat bahagianya saat tiba berbuaka puasa setelah sehari menahan lapar dan dahaga. Namun, bukan lah hanya puasa itu sekedar menahan lapar dan dahaga, namun lebih menahan nafsu-nafsu dan godaan-godaan yang bisa membatalkan puasa.
Semoga, sebulan ini benar-benar bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan upaya dalam beribadah, karena Allah SWT benar-benar telah menspesialkan bulan ini untuk ummat Islam. Sayang sekali kalau tidak bisa mendapatkan pahala yang berlimpah di bulan ini, karena belum tentu tahun depan bisa bertemu bulan Ramadhan lagi.

Ya Allah, terima puasa dan ibadah hamba di bulan ini dan beri hamba kesempatan untuk berjumpa dengannya tahun-tahun berikutnya. Amin.



to be continue.....



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar